Cara Tepat Mengatasi Gangguan Pada Lambung

Cara Tepat Mengatasi Gangguan Pada Lambung

Anda mungkin lebih mengenali istilah gastritis sebagai gangguan lambung atau maag. Gastritis sendiri adalah kondisi ketika lapisan lambung mengalami iritasi, peradangan atau pengikisan. Berdasarkan jangka waktu perkembangan gejala, gastritis dibagi menjadi dua, yaitu akut dan kronis.

Lambung anda memiliki lapisan pelindung di bagian dinding dalam,yang bertugas menjaga agar cairan asam di dalam lambung tidak menyentuh dinding lambung dan merusaknya. Bila cairan asam menyentuh dinding lambung maka akan terjadi peradangan yang kemudian menyebabkan gangguan lambung atau maag.

Cairan asam lambung yang berlebih saat anda sedang maag biasanya disebabkan oleh pola hidup yang kurang sehat seperti di bawah ini:

  • Pola makan yang tidak teratur
  • Makan terlalu cepat
  • Mengkonsumsi makanan yang terlalu pedas
  • Mengkonsumsi makanan yang berminyak
  • Merokok
  • Terlalu banyak mengkonsumsi kopi/kafein
  • Minum-minuman beralkohol
  • Stres yang berlebihan

Selain beberapa kasus pola hidup tidak sehat seperti diatas, ada pula kondisi-kondisi tertentu yang juga dapat mengakibatkan terjadinya maag seperti berikut ini:

  • Masa kehamilan
  • Keracunan oleh makanan yang disebabkan bakteri
  • infeksi bakteri helicobacter pylori
  • Pemakaian jangka panjang atau berlebih terhadap obat-obatan pereda nyeri,anti peradangan non steroid atau NSAID (Non Steroidal Anti Inflammatory Drugs)
  • Stres akibat operasi besar,cidera,atau infeksi cukup parah.

Untuk pengobatan pada sakit maag, dapat dilakukan dengan menghentikan konsumsi bahan-bahan yang dapat memicu maag, seperti akibat konsumsi alkohol dan NSAID (Non Steroidal Anti Inflammatory Drugs)yang berlebihan, konsumsi kopi dan rokok yang berlebih.

Sedangkan untuk gastritis kronis yang disebabkan oleh bakteri hapiloridapat disembuhkan dengan terapi obat antibiotik dan obat yang dapat menghambat produksi asam lambung.

Mengonsumsi obat maag sesuai dengan anjuran juga efektif dapat mengurangi gejala iritasi pada dinding lambung yang disebabkan oleh karena meningkatnya asam lambung.

Khusus bagi anda yang sedang menjalani pola makan rendah garam, hamil, menyusui,berusia dibawah 6 tahun atau lanjut usia,dan bagi anda yang tidak kunjung sembuh walau telah konsumsi obat maag,sebaiknya segera periksakan diri anda ke dokter bila sakit maag terjadi pada anda.

Selain itu anda patut waspada jika anda merasakan nyeri di ulu hati yang disertai diare,sesak nafas,demam,keringat dingin,muntah darah,mual dan muntah lebih dari 3x sehari atau tidak kunjung membaik,atau semakin terasa setelah selesai makan,segera periksakan diri anda bila mengalami kondisi tersebut.

Inilah beberapa tips agar bebas dari sakit maag

  1. Banyak konsumsi makan-makanan berserat seperti buah dan sayur
  2. Cukupikonsumsi air putih yang membantu proses pengolahan makanan,penyerapan nutrisi dan melancarkan pembuangan.
  3. Kurangi makanan berlemak dan berminyak
  4. Olahraga dengan teratur
  5. Kontrol tingkat stres
  6. Berhenti merokok

Adapula beberapa makanan yang perlu dihindari untuk terhindar dari sakit maag

  1. Bahan makanan dan minuman dengan kandungan gas atau terlalu tinggi serat
  2. Bahan makanan yang merangsang terbentuknya asam lambung
  3. Makanan yang sulit dicerna yang memperlambat pengosongan lambung
  4. Makanan dengan kandungan cuka
  5. Makanan yang mengandung bahan-bahan pedas
  6. Konsumsi merica
  7. Bumbu yang merangsang yang dapat merusak dinding lambung
  8. Makanan yang dapat membuat cairan lambung naik ke kerongkongan seperti makanan tinggi lemak hingga makanan yang digoreng

Bila anda sering mengalami gangguan padalambung atau sakit maag siapkan selalu obat maag di dalamĀ  tas anda, dan pastikan juga untuk memeriksakan diri anda ke dokter saat gejala berlanjut.

 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *