Apa Itu Diet Alkaline Lalu Apa Saja Manfaatnya? Yuk Kita Simak Penjelasannya

Apa Itu Diet Alkaline Lalu Apa Saja Manfaatnya? Yuk Kita Simak Penjelasannya

 

Saat ini banyak sekali orang yang menjalankan program diet, diet yang dilakukan tidak semata-mata bertujuan untuk menurunkan berat badan namun juga adapula yang melakukan diet untuk menjaga kesehatan tubuh dan keseimbangan pola makan mereka sehari-hari

Berbagai Macam Diet

Ada berbagai macam diet yang sedang marak dilakukan oleh masyarakat luas beberapa contohnya seperti:

  1. Diet ketogeni
  2. Diet rendah lemak
  3. Diet makan tanpa rasa
  4. Diet nasi merah,diet GM,
  5. Diet food combaining
  6. Diet mayo
  7. Diet alkaline

Dari berbagai macam diet tersebut, salah satu yakni diet alkaline.Diet alkaline atau diet asam basa merupakan metode diet dengan pengaturan pola makan untuk menyeimbangkan pH dalam tubuh, yakni dengan lebih banyak mengonsumsi makanan bersifat alkali (basa) setiap hari.

Teori Diet Alkaline

Dasar teori dari diet alkaline sendiri adalah bahwa tubuh manusia itu akan lebih rentan terhadap penyakit atau dalam kata lain mudah sakit jika mengonsumsi makanan yang bersifat asam. Makanan yang bersifat asam seperti daging, gandum, gula rafinasi, dan makanan olahan akan memicu tubuh menghasilkan asam tidak baik bagi kesehatan.

Sebaliknya,jika manusia atau seseorang mengkonsumsi makanan yang bersifat alkaline atau basa maka makanan tersebut dapat dijadikan sebagai pelindung bagi tubuh yaitu untuk menjaga kesehatan tubuh. Contohnya seperti buah-buahan dan sayuran, kedelai dan tahu, dan beberapa jenis kacang-kacangan, biji-bijian, dan kacang polong.

Diet alkaline sendiri dilakukan dengan cara mengatur pola makan yang direkomendasikan sesuai aturan diet alkaline sendiri yakni seseorang diharuskan mengkonsumsi 70% makanan bersifat basa atau alkaline, dan sisanya ialah mengkonsumsi 30% makanan bersifat asam dan hal tersebut dilakukan rutin setiap harinya. Selain itu, Anda juga harus menghindari konsumsi minuman mengandung alkohol dan kafein.

Darah kita membutuhkan keseimbangan asam basa agar bisa berfungsi dengan baik. Keseimbangan asam basa ini mengacu pada mekanisme yang digunakan tubuh untuk menjaga agar cairan tetap mendekati pH netral (tidak asam dan tidak terlalu basa).

Bila kadar asam dalam darah terlalu tinggi, maka kondisi ini disebut asidosis. Sedangkan jika terlalu basa disebut alkalosis. Gangguan pada keseimbangan pH darah dapat terjadi jika tubuh mengalami gangguan organ paru-paru dan ginjal, atau pada komplikasi penyakit diabetes.

Makanan yang direkomendasikan untuk diet alkaline memiliki beberapa manfaat bagi kesehatan tubuh Anda, tetapi diet alkaline ini ini tidak akan mengubah kadar pH yang ada di dalam tubuh Anda.Dengan lebih banyak mengonsumsi buah, sayur, minum banyak cairan, serta membatasi konsumsi gula, makanan olahan, minuman mengandung alkohol dan kafein, baik untuk menurunkan berat badan.

Diet rendah makanan terutama yang dapat menghasilkan asam dalam tubuh, seperti contohnya tidak mengkonsumsi daging dan keju, memiliki banyak manfaat lain seperti dapat membantu mencegah batu ginjal, menjaga tulang dan otot tetap kuat, meningkatkan kesehatan jantung dan fungsi otak, mengurangi nyeri punggung.

Diet alkaline yaitu diet yang menekankan Anda sebagai pelaku diet untuk mengonsumsi buah dan sayur dengan kalori tinggi. Diet ini juga mewajibkan Anda untuk menghindari makanan cepat saji yang mengandung sodium dan lemak jenuh. Hal ini sangat baik untuk kesehatan jantung, karena membantu menurunkan tekanan darah dan kolesterol yang merupakan faktor risiko utama penyakit jantung.

Beberapa penelitian yang ada menunjukkan bahwa diet alkaline merupakan salah satu diet yang dapat memperlambat pengeroposan tulang, sehingga diet ini dapat mengurangi risiko osteoporosis seiring dengan bertambahnya usia.

Inti dari diet alkaline adalah mengonsumsi buah dan sayuran yang berguna untuk menurunkan berat badan serta menjaga kesehatan tubuh. Meski demikian, cara terbaik untuk menurunkan berat badan adalah dengan olahraga secara teratur selama 30 menit per hari. Anda bisa mendukungnya dengan mengonsumsi makanan yang sehat.

 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *