Faktor-Faktor Penyebab Sakit Maag Dan Cara Penyembuhannya Secara Alami

Faktor-Faktor Penyebab Sakit Maag Dan Cara Penyembuhannya Secara Alami

Penyakit maag merupakan kasus penyakit yang cukup banyak ditemui di masyarakat. Sakit maag (indigestion) diawali dengan gangguan pada pencernaan seperti,mual,muntah,sakit perut,dada terasa nyeri pada bagian perut (ulu hati),perut kembung dan begah.

Adapun penyebab awal dari penyakit ini adalah akibat adanya peradangan pada dinding mukosa lambungdan juga karena pola makan yang kurang baik. Misalnya, jumlah makan yang sedikit atau terlalu banyak dan kurang istirahat juga menjadi salah satu pemicu datangnya penyakit maag.

Selain beberapa penyebab diatas ada pula faktor-faktor lain yang mengawali timbulnya luka pada bagian lambung yang menjadi penyebab kambuhnya sakit maag, ialah (1) infeksi bakteri,(2)efek samping obat-obatan,(3)stress (4)konsumsi makanan pemicu asam lambung dan(5) konsumsi kafein serta alkohol.

Berikut ini masing-masing penjelasan faktor-faktor penyebab sakit maag

  1. Infeksi bakteri, bakteri dapat masuk ke dalam tubuh dan menimbulkan suatu penyakit apabila menginfeksi tubuh. Pada sakit maag,bakteri dapat masuk ke dalam lambung, melalui konsumsi makanan yang tidak sehat/higienis yang akhirnyamenyebabkan terjadinya sakit maag.
  2. Efek samping obat-obatan, penggunaan obat kimia sebaiknya tidak terlalu sering, karena pada dasarnya obat kimia tidak terlalu baik untuk tubuh. Salah satu efek samping yang bisa di dapatkan jika menggunakan obat kimia untuk penyakit maag ialah penggunaan obat aspirin. Sifat aspirin yang dapat mengencerkan darah dapat menyebabkan pendarahan terutama pada bagian lambung jika dikonsumsi melebihi dosis yang ditentukan.
  3. Stres, merupakan salah satu faktor penyebab sakit maag yang menyebabkan naiknya asam lambung.
  4. Makanan pemicu asam lambung, produksi asam lambung yang berlebih disebabkan oleh konsumsi makanan-makanan pemicu naiknya asam lambung. Sebaiknya hindari makanan penyebab asam lambung berlebih atau membatasi konsumsi makan-makanan tersebut.
  5. Konsumsi kafein serta alkohol,sebaiknya kita membatasi konsumsi coklat atau pun kopi, untuk menghindari luka pada lambung, sebab coklat dan kopi memiliki kandungan kafein yang bisa menyebabkan penyakit maag atau naiknya asam lambung. Begitupula dengan alkohol, yang memiliki kandungan tidak baik  bagi kesehatan lambung dan bagian tubuh lainnya.

Penggunaan obat herbal sejak dulu lebih dipercaya keamanannya dalam membantu mengobati suatu penyakit. Salah satunya pengobatan penyakit maag dengan cara herbal yaitu dengan menggunakan daun pakis haji muda.

Daun pakis haji muda memiliki kandungan vitamin C yang diperlukan untuk mengubah bahan penting dalam pembentukan kolagen. Kolagen sendiri merupakan senyawa protein yang mempengaruhi integritas struktur sel di semua jaringan yang ada dalam tubuh.

Berikut ini resep racikan herbal untuk mengatasi sakit maag dengan daun pakis haji muda

Bahan-bahannya:

  • – 10 gr daun pakis haji yang masih muda
  • – 800 cc air bersih

Cara pembuatan ramuan :

  1. Cuci bahan hingga bersih
  2. Rebus bahan dengan 800 cc hingga tinggal 400 cc (separuhnya)
  3. Sajikan ramuan ini dalam 2 gelas untuk 2 kali minum
  4. Minum ramuan ini ketika maag menyerang

 

Jika anda tidak mempunyai cukup waktu lebih untuk membuat ramuan-ramuan herbal untuk mengobati sakit maag seperti contoh diatas, anda dapat mengkonsumsi minuman sereal umbi garut yang bermanfaat untuk mengobati sakit asam lambung serta maag.

Oriflakes merupakan salah satu hasil olahan pangan karya anak bangsa yang terbuat dari umbi garut asli, susu ettawa dan gula kelapa. Sereal yang dapat membantu mengurangi produksi asam lambung yang berlebih ini dapat dikonsumsi oleh semua kalangan dari balita hingga lansia.

Oriflakes hadir dalam berbagai pilihan rasa untuk dinikmati oleh anda sekeluarga, yaitu vanilla,coklat,jahe,original dan non sugar. Selain baik untuk penderita sakit maag atau asam lambung berlebih, Oriflakses juga dapat dikonsumsi sebagai pengganti sarapan dan makan malam untuk membantu program diet.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *