Makanan-makanan Penyebab Sakit Maag dan Asam lambung

Makanan-makanan penyebab sakit maag dan asam lambung

Sakit maag atau tukak lambung dalam dunia medis digolongkan sebagai syndroma dispepsia yang merupakan kumpulan dari beberapa gejala seperti: perih,nyeri ulu hati,mual dan kembung. Sakit maag sendiri dapat disebabkan adanya peradangan atau luka di lambung yang dapat memicu produksi asam lambung berlebihan.

Asam lambung yang berlebihan bisa disebabkan oleh stres,telat makan, dan mengkonsumsi makanan-makanan yang meningkatkan produksi asam lambung.Berikut ini beberapa makanan yang dapat meningkatkan produksi asam lambung yaitu:

  1. Sawi,kol,nangka,kedondong,kacang-kacangan dan minuman bersodayang merupakan makanan-makanan pemicu gas berlebih di dalam perut.
  2. Keju,yogurt dan mentegaKhususnya bagi penderita yang memiliki riwayat intoleransi laktosasusu dan produk turunannya.
  3. Kopi,minuman keras dan buah jerukadalah makanan dan minuman yang dapat merangsang keluarnya asam lambung berlebih pada perut.
  4. Makanan makananan berlemak,kue tart,makanan bersantan dan makanan yang mengandung karbohidrat tinggi,semua ini merupakan makanan yang pantang untuk dikonsumsi oleh penderita sakit maag karena dapat membuat pengosongan lambung menjadi lebih lambat. Jika pengosongan lambung semakin lambat,itu dapat membuat kerja lambung menjadi dua kali lebih berat.
  5. Cuka,makanan pedas,merica dan bumbu yang kuat yang bersifat asam lainnya, juga merupakan asupan yang dapat memperparah sakit maag.
  6. Minuman keras, coklat,makanan tinggi lemak dan gorengan,yang dapat melemahkan klep kerongkongan bawah. Klep tersebut terletak pada area atas organ lambung dekat bagian kerongkongan bagian bawah yang tugasnya mengatur buka tutup organ lambung ketika menerima makanan.Jika klep ini melemah yang terjadi adalah asam lambung menjadi naik ke saluran kerongkongan dan hal inilah yang sering menimbulkan rasa ingin muntah dan mual serta rasa panasdikarenakan kekuatan dari klep ini terpengaruh dari apa yang kita makan dan minum.

Selain makanan dan minuman ada beberapa faktor gaya hidup lainnya yang juga memperparah sakit maag antara lain sepertisering stress, terlalu lelah, melewatkan waktu makan. Dilihat  dari derajat keparahannya gejala sakit maag memiliki tahapan dimulaitahap yang ringan seperti perut kembung hingga ke kondisi yang gawat.

Di bawah ini merupakan diagram yang menunjukkan tingkat gangguan pada lambung

Perut kembung–>Gas di lambung–>Perut terasa berat–>Tidak bisa buang angin–>Perih melilit–>Keringat dingin–>Pusing–>Muntah

Diagram diatas menggambarkan jika gejala yang anda rasakan pada lambung semakin ke arah  kanan. Dapat diartikan bahwa gangguan pada lambung yang anda alami sudah semakin serius, hal ini harus diwaspadai agar tidak terjadi sakit yang parah pada lambung anda.

Pada umumnya masyarakat sering melakukan pengobatan dengan menjatuhkan pilihan pada beberapa obat yang mengandung hydrotalcite yang dapat membantu menetralkan asam lambung dan meredakan perih hanya dalam waktu singkat .

Salah satu obat yang mengandung hydrotalcite ialah antacid, antacid mengandung zat aktif yang akan membantu kondisi lambung menjadi netral dan lapisan mukosa yang melindungi dinding lambung menjadi terjaga. Namun jika keluhan pada lambung dirasakan semakin berlanjut segeralah melakukan kunjungan ke dokter guna mendapatkan pemeriksaan dan cara pengobatan yang tepat.

Dapat kita simpulkan bahwa penyakit maag atau asam lambung merupakan suatu penyakit yang cukup serius, selain kita harus menjaga pola makan yakni dangan menghindari makanan pemicu gas,pemicu asam lambung, pemicu luka lambung dan makanan yang dapat menyebkan pelemahan pada klep kerongkongan bawah.

Selain menjaga pola makan dan menjaga asupan makanan sehari-hari. Seperti makan-makanan yang baik untuk lambung anda juga dapat menambahkan asupan harian anda dengan mengkonsumsi sereal bergizi yang terbuat dari umbi garut asli. Oriflakes merupakan sereal umbi garut asli yang baik untuk dikonsumsi para penderita asam lambung dan juga maag.

Kandungan bahan-bahan alami di dalamnya seperti umbi garut,susu ettawa dan gula kelapa menjadikan Oriflakes sebagai sereal sehat pilihan keluarga Indonesia. Oriflakes hadir dalam berbagai macam rasa yaitu vannila,coklat,jahe original dan tersedia juga varian non sugar yang aman untuk dikonsumsi oleh penderita diabetes.

 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *