Rahasia Makanan Berserat Dalam Memerangi Berbagai Penyakit

Rahasia Makanan Berserat Dalam Memerangi Berbagai Penyakit

Umumnya setiap hari manusia mengkonsumsi makanan dan minuman secara teratur untuk memenuhi kebutuhan pokok sehari-hari dan memberikan asupan nutrisi bagi tubuhnya. Tubuh kita memerlukan asupan nutrisi yang tepat, contohnya dengan mengkonsumsi makanan 4 sehat 5 sempurna.

Salah satu makanan yang dianjurkan ialah makanan yang mengandung banyak serat. Misalnya buah dan sayur  yang memiliki kandungan serat dan air yang cukup tinggi.

Berbicara mengenai fiber (serat), adalah salah satu jenis kandungan makanan yang sangat penting,terutama bagi saluran pencernaan kita. Selain bekerja sebagai ‘pembersih’ saluran pencernaan,fiber juga dapat membantu memerangi berbagai macam penyakit.

Menurut Dr. Gina Sam, direktur dari Mount Sinai Gastrointestinal Motility Center, New York City, “fiber akan membantu pencernaan dan kelancaran buang air besar.

Fiber sendiri dapat digolongkan menjadi dua bagian yaitu, soluble dan insoluble.

  • Soluble larut dalam air
  • Insoluble tidak larut dalam air

Fiber yang soluble akan larut dalam saluran cerna kita dan bercampur dengan makanan lain yang kita makan. Contoh fiber yang soluble adalah barley, oats, apel, peas dan wortel. Sedangkan fiber yang insoluble akan melewati saluran cerna kita dalam bentuk utuh. Contohnya seperti: kacang-kacangan, sayuran dan kentang.

Mengapa kita perlu mengkonsumsi makanan berserat dalam asupan sehari-hari kita, karena makanan berserat mempunyai banyak manfaat untuk kesehatan tubuh kita. Dibawah ini adalah rahasia makanan berserat dalam memerangi beberapa penyakit yaitu:

Mencegah Kanker

Sebagian besar penelitian yang dilakukan mengenai hubungan fiber (serat) dan kanker ialah manfaat fiber bagi kolon (usus besar). Jika kita mengkonsumsi makanan yang mengandung fiber insoluble,maka fiber tersebut akan mengikat makanan yang berpotensi menyebabkan kanker, agar tidak melewati kolon, hingga dibuang keluar tubuh.

Kesimpulannya semakin banyak serat yang kita konsumsi akan semakin kecil kemungkinan bagi kita untuk menderita kanker usus besar, karena serat yang kita konsumsi dapat melindungi kita dari resiko penyakit kanker.

Menurut Brett E. Ruffo, MD, asisten profesor bagian bedah dari Stony Brook University Hospital,makanan berserat tinggi sangat penting untuk menjaga kesehatan usus besar’.

Selain kanker usus besar, makanan berserat juga bait untuk mencegah kanker payudara, penelitian menunjukan bahwa makanan berserat tinggi, terutama buah-buahan dapat menurunkan resiko kanker payudara. Salah satu teorinya menyebutkan bahwa makanan berserat tinggi mempengaruhi produksi hormon pada tubuh.

Salah satu kanker lain yang dapat dicegah dengan konsumsi makanan berserat tinggi adalah kanker prostat. Teorinya mirip dengan kanker payudara, dimana produksi hormon pemicu kanker dipengaruhi oleh makanan berserat tinggi.

 

Membantu Pencernaan

Serat dalam makanan akan meningkatkan volume dan jumlah kotoran, serta membuat kotoran lebih berbentuk namun lunak. Hal ini sangat bagus untuk meregulasi pola buang air dan juga mencegah timbulnya wasir.

 

Menurunkan Kadar LDL (low density lipoprotein)

Fiber yang soluble akan membantu menurunkan kadar kolesterol total di tubuh, terutama dengan menurunkan kolesterol(backlink) ‘jahat’ atau LDL (low density lipoprotein). Perlu kita ketahui bahwa kadar tinggi rendahnya kolesterol sangat berpengaruh pada kesehatan jantung kita.

Maka fiber sendiri selain menjaga kadar kolesterol juga sekaligus bermanfaat menjaga kesehatan jantung. Menurut sebuah penelitian yang dimuat di Mayoclinic, manfaat lainnya bagi jantung ialah dapat menurunkan tekanan darah dan mencegah inflamasi (peradangan), yang dapat menimbulkan kerusakan pada pembuluh darah.

 

Baik Untuk Penderita Diabetes

Pada penelitian yang dimuat di Journal of Nutrition, pada bulan April 2010, disebutkan bahwa jenis serat yang soluble akan mengatur penyerapan karbohidrat, sehingga menurunkan resiko diabetes tipe 2.

Di dalam tubuh, fiber yang soluble bercampur dengan air menjadi jel yang akan memperlambat penyerapan karbohidrat sehingga kadar gula darah tidak akan langsung melonjak setelah makan. Hal ini terutama sangat baik untuk penderita diabetes.

 

Bagi anda yang sehari-hari mempunyai aktifitas yang padat, dan membutuhkan asupan serat yang praktis namun pastinya baik dan berkualitas anda dapat mengkonsumsi sereal umbi garut “Oriflakes” .

Sereal umbi garut yang dicampur dengan susu ettawa dan gula kelapa murni ini mampu memenuhi kebutuhan serat harian anda,  selain itu juga memiliki banyak manfaat kesehatan lainnya bagi tubuh anda.

https://mediamedis.com/rahasia-makanan-berserat-dalam-memerangi-berbagai-penyakit/

By Dr. Emilio Pandika on March 26, 2016 Gaya Hidup Sehat

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *